e-business merujuk pada e-commerce yang lebih luas, tidak hanya pembelian dan penjualan barang serta jasa, tetapi juga pelayanan pelanggan, kolaborasi dengan mitra bisnis, e-learning, dan transaksi elektronik dalam perusahaan.
Perbedaan mendasar dari keduanya adalah tujuan e-commerce memang benar-benar money oriented, sedangkan e-business berorientasi pada kepentingan jangka panjang yang sifatnya abstrak seperti kepercayaan konsumen, pelayanan terhadap konsumen, peraturan kerja, relasi antar mitra bisnis, dan penanganan masalah sosial lainnya.
Kriteria E-Commerce
• Kenyamanan berbelanja secara on line.
• Penghematan dalam berbelanja dengan menggunakan internet.
• Pilihan dalam menyeleksi dan menawarkan suatu barang, jasa dan informasi tidak terbatas
• Personialisasi dalam dunia bisnis merupakan puncak penjualan produk-produk.
• Tersedianya jaringan Website untuk melakukan transaksi.
• Adanya penjual dan adanya pembeli.
Kriteria E-Business
• adanya pembelian secara elektronik
• adanya manajemen rantai suplai
• adanya pemrosesan order elektronik
• adanya penanganan dan pelayanan kepada pelanggan
• adanya kerjasama dengan mitra bisnis
• adanya kemungkinan pertukaran data antarperusahaan melalui web ataupun internet
Tidak ada komentar:
Posting Komentar